Makanan Alami Penurun Darah Tinggi Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi ditandai dengan tingginya tekanan pada aliran darah kita didalam dinding arteri. Kondisi ini bisa sangat berbahaya karena sewaktu-waktu menyebabkan kerusakan pembuluh darah kita .

Hipertensi juga kerap berhubungan dengan stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal  dan masalah kesehatan lainnya dan sering dianggap sebagai silent killer atau pembunuh secara diam-diam karena biasanya pada awalnya mungkin tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun yang kemudian kondisi tersebut akan menjadi serius. 



Factor pada usia dan riwayat keluarga adalah merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit hipertensi. Namun, pola makan yang tidak sehat juga sering kali menjadi pemicu utama naiknya tekanan darah kita, oleh sebab itu kita harus menerapkan pola makan sehat karena pola makanan sehat amat lah sangat penting untuk mengontrol tekanan darah kita agar tetap di level normal .berikut ini adalah makanan yang dinilai mampu meredakan atau menurunkan serta mengendalikan tekanan darah, yaitu:

1. Sayuran Hijau


Kalium adalah zat yang sangat penting dalam membantu ginjal kita untuk mengurangi jumlah garam dengan membuangnya lewat urine.  sayuran berdaun hijau adalah bahan makanan yang kaya kandungan kaliumnya. Beberapa contoh sayuran hijau, yang tinggi kalium, meliputi selada, kubis,lobak hijau, sawi dan bayam. Karena makanan tersebut banyak kalsium yang berguna untuk makanan penurun hipertensi atau darah tingi kita,setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12 persen dari kebutuhan kalsium harian pada orang dewasa serta pastikan kita rutin mengonsumsi sayuran segar dan tidak memasaknya terlalu lama agar menjaga kandungan nutrisinya.

2. Buah Beri-Berian


Beri-berian, seperti raspberry, blueberry dan stroberi banyak mengandung senyawa alami yang sering disebut flavonoid yang dinilai sangat ampuh mencegah penyakit hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.  Kita bisa mencampurkan beri-berian ini ke dalam sereal dan granola untuk dijadikan menu sarapan kita pada setiap harinya


3. Buah Bit


 Dari Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum jus bit kita dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal  pada tahun 2013. Penelitian tersebut telah berhasil membuktikan bahwa terjadinya penurunan pada tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama penelitian tersebut terjadi sangat efektif pada partisipan pria.

Serta Buah bit merah juga mengandung nitric oxide yang Kandungan ini sangat membantu tubuh kita dalam membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Buah bit  ini juga tidak kalah lezat untuk dijadikan jus atau bahkka bisa dimakan langsung. Yang Terpenting adalah selalu hindari  dengan menambahkan gula atau kental manis terlalu banyak ke dalam jus bit. 

4. Susu Skim Dan Yogurt


Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada tubuh kita. Oleh karena itu kita perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam daftar makanan penurun darah tinggi kita.dan Salah satunya adalah yogurt.

Sekitar 170 gram yogurt itu mengandung 300 mg kalsium dan hampir 1/3 dari kebutuhan kalsium kita. Kandungan natrium dalam yogurt ini juga termasuk rendah, sehingga aman bagi kita yang  penderita hipertensi. Selain itu probiotik dalam yogurt  ini juga dapat di jadikan makanan penurun darah tinggi atau hipertensi.

Susu skim dan yogurt ini juga adalah sumber kalsium yang sangat baik dan sangat rendah lemak. Karena Menurut American Heart Association, wanita yang suka mengonsumsi lima porsi atau lebih yogurt dalam waktu seminggu telah mengalami pengurangan 20 % resiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya agar kita tidak bosan yaitu mengolah yogurt dengan menambahkan granola, kacang almond atau buah-buahan. 

5. Oatmeal


Oatmeal adalah merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung natrium rendah,lemak rendah dan juga terkenal juga akan seratnya yang tinggi sehingga dapat membantu kita sebagai makanan penurun darah tinggi atau hipertensi. Sarapan dengan mengkonsumsi oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama kita sebelum menjalani hari. Jika kita merasa rasa oatmeal terlalu hambar kita juga bisa menambahkan buah segar beri-berian, granola dan smoothies atau sedikit madu 

6. Pisang


Pisang adalah buah dengan kandungan kalium terbaik jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.dan dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi serta  Apabila kita rutin mengonsumsi pisang, maka kita mungkin tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen kalium yang harga nya mahal. Selain itu, pisang juga  adalah Salah satu buah yang terkenal tinggi akan potassium karena kandungan potassium pada pisang tenyata membuatnya bisa dijadikan makanan penurun darah tinggi atau hipertensi selain itu makanan lain tingi akan potassium adalah tomat,jamur,tuna dan alpukat ,buah buah tersebut dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia dan harganya juga cukup murah serta terjangkau .kita juga dapat mengkonsumsi pisang secara langsung atau bisa juga sebagai teman makan sereal atau yogurt yang tentunya lebih enak dan lebih beragam rasa

7. Ikan Dengan Omega-3

Ikan omega-3 ini seperti makarel dan salmon sering direkomendasikan kepada para pengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi. Lemak sehat ini dapat sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah kita, mengurangi peradangan dan menurunkan trigliserida. Namun, kita tidak boleh mengolahnya dengan sembarangan karena agar kandungan di dalamnya tetap terjaga. Cara terbaik untuk memasak ikan omega-3 adalah dengan menggunakan teknik pan fry menggunakan minyak zaitun.

8. Biji-Bijian


Biji-bijian seperti biji bunga matahari atau biji labu banyak mengandung kalium, magnesium, dan mineral lain yang dikenal sekali dapat mengurangi tekanan darah atau darah tinggi. Dengan menikmati ¼ cangkir bunga matahari atau biji  sebagai camilan di antara waktu makan itu sudah sangat memberikan kandungan yang positif dalam mengurangi dan menurunkan darang tinggi kita atau hipertensi 

9. Bawang Putih


Bawang putih ini merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk penurun darah tinggi atau hipertensi kita . yang paling dikenal oleh masyarakat indonesia Khasiat bawang putih tidak hanya terbatas sebagai bumbu dapur dan antibiotik alami, namun juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh kita ,karena Oksida nitrat ini sangat membantu dalam melebarkan dan melemaskan pembuluh darah yang berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi kita.


10. Cokelat Hitam Atau Dark Chocolate


Tentu sebagian dari kita tidak menyangka jika cokelat dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi.karena dengan mengkonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid yang biasa ditemukan pada dark chocolate ini ternyata dapat membantu kita dalam penurunan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Dalam sebuah Penelitian yang di lakukan BMC Medicine pada tahun 2010 yang menyebutkan bahwa konsumsi dark chocolate ini sangat dianjurkan sebagai makanan untuk penurun darah tinggi dan bagi orang dengan kondisi hipertensi atau prehipertensi.

Kandungan flavonoid pada dark chocolate ini berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat berfungsi sebagai melebarkan pembuluh darah kita sehingga melancarkan aliran darah dan hasilnya dapat menurunkan tekanan darah kita seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao pad produk cokelat sebanyak 70% kakao maka semakin baik untuk kesehatan kita.


Belum ada Komentar untuk " Makanan Alami Penurun Darah Tinggi Untuk Penderita Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel