8 Makanan Pantangan Untuk Pengidap Hipertensi Atau Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau sering disebut darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya bila tidak cepat di tangani serta di hindari karena hipertensi dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti jantung dan stroke yang tentunya sangat kita hindari untuk pertama kita harus tau apa itu tekanan darah

Pengertian tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah kita. Tekanan darah ini terjadi karena jantung kita memompa darah ke arteri (pembuluh darah) yang membawa darah ke seluruh tubuh kita . Saat kita mengalami tekanan darah tinggi, atau yang juga sering kita sebut  hipertensi itu berarti tekanan di arteri kita berada di atas kisaran normal. 

Dalam kebanyakan kasus tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan tekanan darah tinggi ini. tetapi, para ahli telah menemukan bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu kita mengalami tekanan darah. Buat kita yang sering mengidap tekanan darah tinggi, berikut ini adalah jenis makanan yang harus di  pantang. 


1. Garam


Makan yang harus kita hindari atau pantangan bagi kita penderita  hipertensi adalah garam karena Garam dan natrium merupakan penyebab utama naiknya tekanan darah pada tubuh kita, yang kemudian dapat menaikkan risiko penyakit jantung. Dilansir dari  Healthline, dalam Pedomannya soal Diet di tahun 2015-2020 pada orang Amerika dengan tekanan darah tinggi wajib dalam membatasi asupan natrium harian mereka hanya menjadi 1.500 miligram (mg). Sementara itu menurut Mayo Clinic, rata-rata pada orang Amerika makan sekitar 3.400 mg sehari dan lebih dari dua kali lipat jumlah itu.

Food and Drug Administration menyatakan bahwa sekitar 75 persen sodium yang dimakan kita dalam sehari berasal dari makanan olahan dan garam yang ditambahkan ke makanan di restoran, bukan dari tambahan garam yang biasanya mereka sediakan. Maka dengan itu bagi kita penderita hipertensi atau darah tinggi agar mengatur asupan garamnya

2. Ikan Asin


Pasti kita tidak asing lagi dengan makanan ini dan ternyata makanan ini harus di hindari karena dengan  mengonsumsi ikan asin terlalu sering dan banyak ini banyak mengandung garam yang sudah jelas sangat tinggi.

Akan tetapi  jika kita hanya ingin mengkonsumsi ikan asin sesekali, misalnya satu kali dalam 1 sampai 2 bulan, hal itu bukanlah masalah.pada Saat kita  memakan ikan asin, jangan sesekali mengkombinasikannya dengan makanan lain yang mengandung tinggi garam.

3. Salad Dressing


Salad sering sekali kita anggap sebagai makanan sehat karena Sayuran dan buah-buahan dalam salad memang sangat menyehatkan tubuh kita. Tetapi kita  harus berhati-hati karena dressing yang digunakan untuk menambah cita rasa salad.

Pada sebagian besar dressing salad berbentuk saus banyak mengandung  gula,garam dan lemak jenuh yang tinggi. Jika bagi kita penderita hipertensi ingin mengonsumsi salad, sebaiknya kita gunakan dressing yang lebih menyehatkan bagi tubuh. Misalnya dengan memakai campuran minyak wijen, minyak zaitun, dan bawang putih.

4. Meminum Alkohol


Yang harus kita hindari bagi kita penderita hipertensi adalah alkohol karena Alkohol dalam jumlah sedikit hingga sedang dapat menurunkan tekanan darah akan tetapi meminum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan Minum alkohol terlalu banyak juga meningkatkan risiko banyak kanker atau bahkan jika kita hanya minum sesekali saja.

Meminum alkohol lebih dari tiga kali dalam satu malam dapat menyebabkan lonjakan sementara tekanan darah dan Sementara itu, minum berulang dapat menyebabkan masalah tekanan darah dalam jangka panjang.

Dan meminum Alkohol juga dapat mencegah obat tekanan darah apa pun yang digunakan untuk bekerja efektif. Selain itu,minuman alkohol penuh akan kalori, yang harus dimetabolisme oleh hati, dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh kita. Jika kita kelebihan berat badan atau obesitas, maka lebih cenderung akan memiliki tekanan darah tinggi.oleh karena itu meminum minuman ber alcohol harus sangat kita hindari karena dapat menaikkan tekanan darah kita yang akhirnya dapat membuat kesehatan kita menurun.


5. Daging Olahan 


Selanjut nya adalah  makanan pantangan untuk penderita hipertensi atau darah tinggi adalah Daging olahan karena juga bisa menjadi bom natrium yang membahayakan kesehatan kita. Pasalnya daging ini sering sekali dibumbui, dan diawetkan dengan garam.

Satu porsi daging olahan ini mengandung 500 mg natrium atau lebih. Apalagi jika daging olahan ini diolah ke dalam burger dengan ditambahkan roti, keju, bumbu, dan acar, tentu makanan ini dapat menjadi bom natrium yang menimbulkan efek pada kesehatan.oleh karena itu kita harus menghindari daging olahan bagi kita yang sering menderita hipertensi atau darah tinggi karena daging olahan dapat dikhawatirkan menyebabkan naiknya darah kita atau hipertensi 


6. Makanan yang Dibekukan (Frozen Food)


Makanan selajutnya adalah makana yang di bekukan akan terapi tidak semua frozen food atau makanan beku  itu tidak di perbolehkan  bagi penderita darah tinggi atau hipertensi. Frozen food yang banyak mengandung natrium tinggilah yang perlu dihindari. Misalnya makanan pizza, karena  mengandung 700 mg natrium didalam satu potongnya.

Selain itu sebagai penambah rasa, natrium dalam makanan yang dibekukan juga dapat digunakan sebagai pengawet

7. Asupan Gula 


Makann selajutya yang harus kita pantang bagi penderita hipertensi adlah gula karena kita mungkin sudah tahu bahwa asupan gula berlebihan dapat dikaitkan dengan peningkatan kasus kenaikan berat badan dan obersitas akan tetapi tahukah anda bahwa asupan gula tinggi ini juga terkait dengan tekanan darah tinggi?

Gula, terutama pada minuman yang diberi tambahan gula umumnya sering dikenal dapat menyebabkan obesitas pada kita dari segala usia. gula ini juga akan menjadi berbahaya karena bisa menaikkan tekanan darah terutama pada kita yang memiliki kelebihan berat badan.

American Heart Association merekomendasikan agar kita atau wanita selalu membatasi asupan gula tambahan hingga 6 sendok teh, atau 24 gram pada setiap harinya. Sementara untuk pria harus membatasi diri hingga 9 sendok teh, atau 36 gram pada setiap harinya. 

8. Makanan Berlemak


Selajutnya yang harus kita hindari bagi penderita hipertensi adalah makanan berlemak karena kita dengan tekanan darah tinggi harus mengurangi lemak jenuh serta menghindari lemak trans. Sumber-sumber lemak jenuh tersebut antara lain: 

• Mentega.
• Kulit ayam;
• Daging merah;
• Susu penuh lemak;

Lemak trans dapat ditemukan secara alami didalam jumlah kecil daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang lemak trans terbesar adalah pada makanan yang diolah dan dikemas. Makanan tersebut juga biasanya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi dan karbohidrat rendah serat lainnya.

Dengan Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol LDL (buruk). Kadar LDL yang tinggi dapat membuat tekanan darah tinggi akan semakin lebih memburuk dan pada akhirnya akan menyebabkan pengembangan penyakit jantung koroner.nah Untuk mengurangi risiko ini kita jangan menambah asupan gula dan bergantilah ke sumber lemak lain seperti  minyak zaitun, alpukat dan biji-bijian.



Belum ada Komentar untuk "8 Makanan Pantangan Untuk Pengidap Hipertensi Atau Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel