5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Akurat

Setiap orang dari kita memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda dan menjadikannya unik. Meskipun begitu, pastinya kita ingin memiliki berat badan ideal,karena berat badan ideal adalah impian kebanyakan orang. Bukan soal tidak mencintai bentuk tubuh kita sendiri, memiliki berat badan ideal adalah lebih mengacu kepada keadaan tubuh yang sehat. karena memiliki berat badan berlebih atau obesitas sangat memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh kita.



Begitu pun dengan berat badan kita apabila terlalu ringan karena hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan kita karena dengan memiliki berat badan ideal itu bukan soal mengikuti standar kecantikan yang superfisial. Melainkan karena memiliki berat badan ideal merupakan perwujudan upaya kita untuk memiliki tubuh yang sehat. Sehingga apabila orang yang memiliki tubuh yang sehat dapat beraktivitas dan berkarya lebih maksimal lagi

Nahh sekarang bagaimanakah cara yang tepat bagi kita  untuk menghitung berat badan yang ideal? Dan Berikut ini adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi badan.

1. Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal Dengan Menggunakan Rumus Broca


Salah satu cara yang bisa kita  lakukan dalam menghitung berat badan yang ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini adalah dengan membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita. Hal ini dilakukan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.
Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda untuk menghitung berat badan idealnya masing-masing akan tetapi rumus ini tidaklah rumit. Berikut adalah rumusnya broca:

    • Rumus pada Pria : Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]

    • Rumus pada Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Salah satu contoh menghitung untuk pria adalah  jika kita memiliki tinggi badan 180 sentimeter

    • cara menghitungnya adalah (180-100)-[(180-100)x10%], 80-8= 72. 

Jadi, berat badan ideal kita yang memiliki tinggi badan 10 sentimeter adalah 72 kilogram.

dan jika untuk seorang wanita dengan tinggi badan 160.

   • cara menghitungnya adalah (160-100)-[(160-100)x15%), 60-9= 51. 

Jadi, untuk kamu wanita dengan tinggi 160 sentimeter berat badan idealnya  adalah 51 kilogram.


2. Cara Menghitung Berat Badan  Ideal dengan menggunakan body mass index atau kalkulator BMI


Body Mass Index atau biasa di singkat BMI adalah dengan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan kita . ada Berbeda  cara perhitungan yang sebelumnya dengan  membedakan cara perhitungan pada seorang pria dan wanita, BMI ini dibedakan berdasarkan usia kita. Body mass index ini dapat digunakan oleh kita yang sudah berusia  20 tahun atau lebih sedangkan Bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun ada cara lain untuk menghitungnya.

Dengan kita menggunakan kalkulator BMI ini akan diketahui apakah kita masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, BMI juga dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi atlet atau olahragawan. karena berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga bisa saja atlet dinyatakan kelebihan berat badan akan tetapi sebenarnya tidak.
Sebelum kita mencoba kalkulator BMI ini ada baiknya kita mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini. Di antaranya adalah:
   • Angka pada BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.

   • Jika pada angka BMI melebihi 25, kamu disimpulkan memiliki berat badan berlebih.

   • Sedangkan, jika pada angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.

  • Jika pada angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka tersebut menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya:

   • Berat badan ideal = Berat badan kita (kilogram): Tinggi badan kita (meter)kuadrat

Dan sebagai contohnya jika berat badan kita adalah 47 kilogram dan dengan tinggi badan nya  1,63 meter. 

  • karena kuadrat jadi  1,63x1,63=2,65  
  • jadi  nilai BMI kamu adalah 47:(2,65)= 17.8.
  • Berarti, berat badan kita termasuk di bawah rata-rata.

3. Menghitung Berat Badan Ideal untuk Anak Usia 0 – 12 Bulan


Janganlah kita mengira hanya orang dewasa saja yang harus diperhatikan berat badan idealnya. Namun, si kecil juga bisa dan perlu diperhatikan agar tidak kekurangan atau overweight.
Dan Berikut ini adalah cara menghitung berat badan anak usia 0-12 bulan:

  • Berat badan yang ideal untuk bayi = (umur saat ini (umur dalam satuan bulan) : 2) + 4

Contoh: pada Seorang bayi berusia 8 bulan, maka berat badan idealnya adalah:

  • Berat badan ideal = (8 : 2) + 4 = 8 kg 

Jadi berat badan yang idea untuk bayi dengan usia 8 bulan adalah 8 kilogram


4. Menghitung Berat Badan Ideal Anak Usia 1-10 tahun


Saat  anak menginjak usia 1 tahun, berat badan anak juga harus diperhatikan. Cara untuk menghitung berat badan yang ideal pada anak seusia ini berbeda lagi.
Rumusnya adalah sebagai berikut:

   • Berat badan yang  ideal anak usia di atas 1 tahun = 2n + 8
      
   *n = usia anak dalam satuan tahun

Contoh: Seorang anak berusia 6 tahun 5 bulan, maka berat badan idealnya adalah:

   • Berat badan ideal = (2 x 6,5) + 8 = 21 kilogram

Jadi dapat di simpulkan berat yang idela untuk anak berusia 6 tahun 5 bulan adalah 21 kilogram


5. Menghitung Berat Badan yang Ideal pada Ibu Hamil


Buat ada ibu hamil, cara yang bisa dipakai itu berbeda  Karena harus mempertimbangkan lamanya usia kehamilan dan berat badan normal janin di dalamnya.
Rumus pada berat badan ideal ibu hamil adalah sebagai berikut:

   • Berat badan yang ideal pada ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35)

Contoh: ibu siti sudah memasuki usia kehamilan minggu ke-20. Berat badan idealnya ibu siti jika dihitung menggunakan rumus Broca adalah 51 kg. Maka berat badan siti di minggu ke-20 kehamilannya adalah:

   • Berat badan ideal ibu siti = 51 + (20 x 0,35) = 58 kg

Jadi berat badan yang ideal untuk ibu siti dengan kehamilan di minggu ke 20 adalah 58 kilogram

Dengan ada beberapa cara diatas kita dapat menghitung berat badan yang ideal yang tentunya cara tersebut  ada plus minus nya masing masing sekarang tinggal kita memilih ingin menggunakan cara menghitung berat badan ideal yang mana dan tentunya, setelah kita menghitung jumlah berat yang ideal untuk kita ,kita dapat mengetahui bahwa berat badan ideal bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita karena denga berat badan yang ideal tentunya kita dapat melakukan berbagi macam kegiatan dengan efektif . semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Akurat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel